6 Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik untuk Investasi

6 Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik untuk Investasi

Ingin mulai berkiprah di dunia pasar modal? Teknologi menjadikan segala sesuatu lebih mudah, termasuk dalam berinvestasi. Simak ulasan aplikasi saham terbaik untuk jalan investasi Anda di era digital.

Hingga Agustus 2021 data Bursa Efek Indonesia mencatat peningkatan hampir 200 pesen apabila dibandingkan dengan tahun 2020. Total terdata sebanyak 6,1 juta orang yang merupakan trader saham, yang beraktivitas menggunakan aplikasi trading saham.

Rekomendasi Aplikasi Saham untuk Berinvestasi

Untuk berkecimpung dalam dunia pasar modal membutuhkan pertimbangan yang matang serta akurat menentukan aplikasi saham terbaik dan terpercaya, karena terkait dengan persoalan penting, yakni keuangan Anda dalam berinvestasi.

Nah, berikut ulasan untuk Anda beberapa rekomendasi aplikasi saham terbaik yang nantinya dapat Anda pertimbangkan. Salah satu indikator terbaik adalah dapat dipercaya, di Indonesia sendiri badan yang menjamin keamanan tersebut adalah OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

1. Indo Premier Online Technology (IPOT)

Indo Premier telah menjadi salah satu perusahaan sekuritas terbesar dan terbaik di Indonesia. Perusahaan Indo Premier sekuritas berdiri sejak 1996, dan telah dinaungi sebagai aplikasi saham OJK dengan Nomor KEP-11/PM/PPE/1996.

Penawaran investasi tersedia untuk perorangan ataupun secara korporasi. Indo Premier sebagai aplikasi saham terbaik memberikan layanan meliputi investment banking, perencanaan keuangan, reksadana, trading, dll.

Mengenai langkah penggunaan IPOT sebagai berikut :

  1. Download aplikasi IPOTGO pada Play Store
  2. Buka aplikasi, klik Register, lalu masukkan email dan nomor handphone
  3. Masukkan kode OTP yang Anda terima
  4. Ketikkan NIK Anda
  5. Lengkapi info identitas Anda > Selfie memegang KTP
  6. Buatlah username, password, dan juga PIN
  7. Klik persetujuaan, lalu tunggu verifikasi email
  8. Jika sudah menerima SID (Single Investor Identifications) dan rekening saham RDN (Rekening Dana Nasabah), Anda bisa login dan mulai berinvestasi

2. Bibit

Aplikasi Bibit semakin populer dengan mengajak kerjasama para public figure sebagai bintang iklan, yang tentu ditujukan untuk pemula millennial agar berani memulai berinvestasi dengan menggunakan aplikasi Bibit.

Bibit bisa jadi aplikasi saham pemula terbaik, karena dirancang baik untuk kalangan investor, maupun pemula, hingga pemodal professional. Sistemnya dengan melakukan seleksi ketika nasabah mendaftar. Sehingga tidak terjadi kebingungan dalam pilihan jenis investasi.

Investasi dijalankan bisa mulai dari Rp. 10.000 sehingga Bibit dapat menjadi pilihan bagi Anda sebagai aplikasi saham modal kecil. Beberapa keuntungan lain, seperti pembelian reksadana gratis dana komisi, dan investasi dapat dicairkan kapan saja tanpa penalti.

3. BNI Sekuritas

Aplikasi saham terbaik selanjutnya adalah BNI Sekuritas Innovative Trading System (BIONS). Dalam bidang pasar modal BNI Sekuritas melayani transaksi surat utang, perdagangan saham, assets management, hingga investment banking.

PT Bank Negara Indonesia Tbk, juga menjadi salah satu yang menjalankan aplikasi trading saham harian. Perusahaan yang berdiri pada 1995 ini telah meraih gelar terbaik sebagai The Most Active Securities Company pada tahun 2018.

Beberapa kelebihan BIONS sebagai aplikasi saham terbaik, sebagai berikut :

  1. Desain tampilan yang ramah untuk investor pemula
  2. Adanya akun demo atau trial, bagi pengguna yang ingin berlatih dalam aktivitas perdagangan saham secara online, tanpa menggunakan uang
  3. Fitur yang cukup lengkap, mulai dari automatic order list, sector trade, research, hingga corporate action. Dalam BIONS juga menyediakan berita dan informasi terkini dari BNI Sekuritas yang sangat membantu Anda.

4. Ajaib

Platform aplikasi saham terbaik yang sedang naik daun ini pasti sudah Anda kenal. Identik dengan warna biru lampu aladin, Ajaib menawarkan transaksi jual beli saham relative murah. Berkisar 0,10% untuk transaksi harian di bawah angka 150 juta.

Dalam satu aplikasi Ajaib memberikan opsi di reksadana maupun saham dengan sekaligus, sehingga Anda tidak perlu menggunakan aplikasi berbeda. Selain itu, Ajaib dapat digunakan untuk membeli saham pada aplikasi saham BRI.

Beberapa keunggulan yang tersedia pada aplikasi saham terbaik Ajaib :

  1. Memberikan panduan serta rekomendasi produk yang sesuai dan peluang profit berdasar pada kondisi keuangan investor
  2. Terdapat informasi waktu terbaik dalam transaksi jual beli saham
  3. Terkonfirmasi izin operasi dari BEI dan OJK
  4. Tampilan user interface yang ramah untuk pemula

5. Stockbit

Pada mulanya Stockbit merupakan forum yang digunakan untuk bertukar informasi antar investor mengenai emiten ataupun rekomendasi saham. Kemudian bertransformasi menjadi aplikasi investasi saham yang di dalamnya bisa berdiskusi, menganalisis, hingga trading.

Aplikasi saham Stockbit juga sudah menerapkan sistem Touch ID untuk memberikan jaminan keamanan pada para investor saat melakukan transaksi. Sehingga, pengguna lebih terjaga dari kerugian atau penipuan.

Beberapa kelebihan lain dari aplikasi saham terbaik Stockbit adalah :

  1. Dapat digunakan sebagai online trading saham
  2. Menyediakan fitur belajar saham
  3. Adanya forum diskusi saham bersama
  4. Menampilkan chart saham dan technical indicator
  5. Memberikan data fundamental yang meliputi PE Ration, Price to Book Value, ROE, hingga dividend Yield

6. MOST – Mandiri Sekuritas

Aplikasi MOST didesain dengan user interface yang ramah memudahkan bagi pengguna baru. Transaksi jual saham di MOST menghasilkan fee sebesar 0,28% setiap transaksi. Sedangkan untuk fee pembelian sebesar 0,18%.

Mandiri Sekuritas juga memberikan dukungan pelatihan, baik secara online maupun offline bagi para investor saham. Bahkan juga akses penuh terhadap riset harian dari para analisis professional Mandiri Sekuritas.

Penutup

Silakan Anda cermati dan cek beberapa rekomendasi aplikasi saham terbaik yang telah dipaparkan. Pertimbangkan dengan matang setiap detailnya dan sesuaikan dengan kondisi Anda, selamat berinvestasi!

Content Creator, Graphic Designer, UI / UX Designer

Posting Komentar